Senin, 12 September 2011

Lampiran 2 Permen PU No.08/PRT/M/2011

Lampiran 2 Permen PU Nomor 08/PRT/M/2011
Pembagian Subklasifikasi Usaha Pelaksana Konstruksi



Lampiran 2
Peraturan Menteri Nomor 08/PRT/M/2011
Tanggal: 13 Juni 2011

PEMBAGIAN SUBKLASIFIKASI BIDANG USAHA PELAKSANA KONSTRUKSI
No.KlasifikasiKodeSubklasifikasiLingkup Pekerjaan
1.Bangunan GedungBG001Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Hunian Tunggal dan
koppel
Pekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, serta peningkatan) dari bangunan perumahan yang terdiri dari satu atau dua tempat tinggal maksimum 2 lantai.
BG002Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Multi atau Banyak HunianPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, serta peningkatan) dari bangunan perumahan bertingkat tinggi yang lebih dari 2 lantai.
BG003Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Gudang dan IndustriPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan gudang dan bangunan industri.
BG004Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan KomersialPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan dengan tujuan komersial seperti bangunan perkantoran, bangunan BANK, Garasi parkir, Stasiun Pengisian bahan bakar, terminal kendaraan umum serta bangunan stasiun kereta api, bangunan pusat perbelanjaan.
BG005Jasa Pelaksana Konstruksi bangunan hiburan publikPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan hiburan publik seperti bioskop, hall konser, nightclubs.
BG006Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Hotel, Restoran, dan Bangunan Serupa LainnyaPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari hotel, motel, restoran dan bangunan serupa lainnya.
BG007Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan PendidikanPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan pendidikan seperti sekolah, universitas, perpustakaan dan museum termasuk juga laboratorium penelitian.
BG008Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan KesehatanPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan kesehatan seperti rumah sakit dan sanatorium.
BG009Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Gedung lainnyaPekerjaan Pelaksanaan (termasuk di dalamnya pembangunan baru, penambahan, peningkatan serta pekerjaan renovasi) dari bangunan lainnya seperti rumah ibadah dan penjara.
2.Bangunan SipilSI001Jasa Pelaksana Konstruksi Saluran air, pelabuhan, dam, dan prasarana Sumber Daya Air
  1. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan bangunan bendungan (dam), bendung (weir), embung, pintu air, talang, check dam, tanggul dan saluran pengendali banjir termasuk drainase perkotaan beserta bangunan pelengkapnya, tanggul laut, krib, viaduk dan sarana dan/atau prasarana sumber daya air lainnya;
  2. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan konstruksi jaringan saluran air, sistem irigasi (kanal), reservoir (waduk) dan drainase irigasi; dan
  3. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan dermaga, sarana pelabuhan, penahan gelombang dan sejenisnya. Termasuk konstruksi jalan air atau terusan, pelabuhan dan sarana jalur sungai, dok (pangkalan), lock (panama canal lock, hoover Dam) dan lain-lain.
SI002Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pengolahan Air Minum dan Air Limbah Serta Bangunan Pengolahan SampahPekerjaan pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan dan perbaikan instalasi pengolahan air minum, bangunan menara air dan reservoir air beserta bangunan pelengkap air minum lainnya, instalasi pengolahan air limbah beserta bangunan pelengkap air limbah lainnya, bangunan Tempat Pembuangan Akhir Sampah beserta bangunan pelengkapnya.
SI003Jasa Pelaksana Konstruksi Jalan Raya (kecuali Jalan Layang), Jalan, Rel Kereta Api, dan Landas Pacu BandaraPekerjaan pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jalan, jalan raya (kecuali jalan layang) dan jalan tol termasuk juga jalan untuk pejalan kaki, rel kereta api, dan landus pacu bandara.
SI004Jasa Pelaksana Konstruksi Jembatan, Jalan Layang, Terowongan dan Subways
  1. Pekerjaan pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jembatan dan jalan layang; dan
  2. Pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan bangunan terowongan di bawah permukaan air, di bukit atau pegunungan dan dibawah permukaan tanah
SI005Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Air Minum Jarak JauhPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air bersih jarak jauh antar pulau dan atau di bawah permukaan laut
SI006Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Air Limbah Jarak JauhPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan pipa untuk distribusi air limbah jarak jauh antar pulau dan atau dibawah air laut
SI007Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Minyak dan Gas Jarak JauhPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan pipa jaringan untuk distribusi minyak dan gas jarak jauh antar pulau dan atau dibawah permukaan laut
SI008Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Air Minum LokaPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air minum yang bersifat lokal dan untuk jarak dekat.
SI009Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Air Limbah LokalPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air limbah yang bersifat lokal dan untuk jarak dekat.
SI010Jasa Pelaksana Konstruksi Perpipaan Minyak dan Gas LokalPekerjaan pelaksanaan instalasi, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan jaringan pipa untuk distribusi air minyak dan gas yang bersifat lokal dan untuk jarak dekat.
SI011Jasa Pelaksana Konstruksi bangunan stadion untuk olah raga outdoorPekerjaan pelaksana untuk konstruksi stadium dan olah raga lapangan yang biasanya dimainkan ditempat terbuka (open air) seperti sepak bola, baseball, rugby, lintasan balap mobil dan motor serta lintasan pacu kuda.
SI012Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Fasilitas Olah Raga Indoor dan fasilitas rekreasiPekerjaan pelaksana untuk olah raga lainnya serta instalasi fasilitas rekreasi, olah raga yang dimaksud lebih banyak merupakan oleh raga indoor yang membutuhkan ruang lebih kecil untuk penonton seperti lapangan basket, hockey, lapangan tenis, hall senam, dan ring tinju dan fasilitas taman rekreasi.
3.Instalasi Mekanikal dan ElektrikalMK001Jasa Pelaksana Konstruksi pemasangan pendingin udara (Air Conditioner), pemanas dan ventilasiPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan yang meliputi pemanasan elektrik maupun non elektrik, ventilasi, lemari pendingin, atau peralatan AC, pekerjaan ducting dan pekerjaan metal lebaran yang dilakukan secara terintegrasi dari pekerjaan tersebut.
MK002Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pipa Air (plumbing) dalam Bangunan dan SalurannyaPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan yang meliputi:
  1. sistem perpipaan utama air panas dan dingin, instalasi springkler, pipa air kotor dan pipa drain;
  2. perlengkapan saniter; dan
  3. sistem pemadam kebakaran.
MK003Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pipa Gas dalam BangunanPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan pipa untuk gas, oksigen di rumah sakit dan peralatan pengoperasian gas lainnya.
MK004Jasa Pelaksana Konstruksi Insulasi dalam BangunanPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan yang meliputi:
  1. insulasi thermal termasuk bahan isolasi penahan panas untuk dinding luar;
  2. insulasi thermal untuk pipa air panas dan dingin, ketel uap dan saluran pembuangan;
  3. insulasi suara; dan
  4. insulasi anti kebakaran
MK005Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan lift dan Tangga BerjalanPekerjaan konstruksi pemasangan lift dan eskalator serta jalan pejalan kaki yang dapat bergerak juga termasuk pekerjaan konstruksi perlengkapan keselamatan kerja dari kebakaran (contohnya tangga darurat).
MK006Jasa Pelaksana Konstruksi Pertambangan dan manufakturPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan fasilitas pertambangan dan manufaktur termasuk seperti loading and discharging stations, winding shafts, chemical plants, iron foundaries dan coke oven.
MK007Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Thermal, Bertekanan, Minyak, Gas, Geothermal (Pekerjaan Rekayasa)Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari:
  1. anjungan lepas pantai (platform); dan
  2. fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas lainnya
MK008Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi alat Angkut dan Alat AngkatPekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari konstruksi alat angkut dan angkat serta conveyor.
MK009Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Perpipaan, Gas, Energi (Pekerjaan Rekayasa)Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari:
  1. pipa minyak, gas dan energi di darat; dan
  2. pipa minyak, gas dan energi di bawah laut
MK010Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Fasilitas Produksi, Penyimpanan Minyak dan Gas (Pekerjaan Rekayasa)Pekerjaan pelaksana pemasangan dan perawatan dari:
  1. fabrikasi fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas di darat dan lepas pantai;
  2. fabrikasi bejana tekan (pressure vessel) dan tangki;
  3. fabrikasi boiler; dan
  4. fabrikasi module
Instalasi Mekanikal ElektrikalEL001Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit tenaga listrik semua dayaPekerjaan pemasangan dan perawatan elektromekanik dan kelistrikan pembangkit tenaga listrik semua daya
EL002Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik Daya maksimum 10MWJasa Pelaksana instalasi dan perawatan elektromekanik dan instalasi kelistrikan pembangkit tenaga listrik dengan daya maksimum 10 MW/unit.
EL003Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pembangkit Tenaga Listrik Energi Baru dan TerbarukanJasa pelaksana instalasi dan perawatan pembangkit tenaga listrik energi baru dan terbarukan antara lain; Surya, Angin (bayu), Micro Hydro, Gelombang Laut.
EL004Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Transmisi Tenaga Listrik Tegangan Tinggi dan Ekstra Tegangan Tinggi
  1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi tenaga listrik tegangan tinggi / ektra tegangan tinggi termasuk instalasi listrik gardu induk; dan
  2. Jasa pelaskasana instalasi dan perawatan jaringan transmisi tenaga listrik dibawah tanah atau di atas tanah dan di bawah lautan.
EL005Jasa Pelaksana Konstruksi Jaringan transmisi telekomunikasi dan/atau telepon
  1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi telekomunikasi dan atau telepon di atas permukaan tanah, termasuk pekerjaan untuk menara transmisi telekomunikasi; dan
  2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan transmisi telekomunikasi dan atau telepon dibawah tanah atau dibawah lautan.
EL006Jasa Pelaksana Konstruksi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan MenengahJasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi tenaga listrik tegangan menengah, termasuk untuk jalur listrik kereta api, instalasi listrik gardu hubung dan gardu distribusi.
EL007Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Tegangan RendahJasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi tenaga listrik tegangan rendah dan penerangan jalan umum.
EL008Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Jaringan Distribusi Telekomunikasi Dan/atau Telepon
  1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan jaringan distribusi telekomunikasi dan/atau telepon termasuk jasa pelaksana untuk menara distribusi telekomunikasi;
  2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan stasiun telekomunikasi dan antena untuk distribusi telekomunikasi; dan
  3. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan untuk jalur kabel televisi dibawah permukaan tanah.
EL009Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Sistem Kontrol dan InstrumentasiJasa pelaksana instalasi kontrol dan instrumentasi untuk sistem pengendali tenaga listrik
EL010Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi listrik gedung dan pabrik
  1. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan listrik didalam dan diluar gedung, pabrik, maupun jaringan konstruksi;
  2. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan listrik dan peralatan untuk sistem tenaga listrik darurat;
  3. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alat pembatas daya listrik dan meteran listrik;
  4. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alarm kebakaran;
  5. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan alarm pencurian;
  6. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan antena segala macam type antena termasuk antena satelit dan jalur televisi kabel di dalam gedung;
  7. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan penangkal petir;
  8. Jasa pelaksana instalasi dan perawatan listrik khusus seperti listrik kapal, instalasi Listrik tahan api dan sejenisnya.
EL011Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi listrik lainnyaJasa pelaksana pemasangan dan perawatan untuk sistem penerangan dan tanda untuk jalan, rel kereta api, bandara, pelabuhan dan yang sejenis.
4.Jasa Pelaksanaan LainnyaPL001Jasa Penyewaan Alat Konstruksi dan Pembongkaran Bangunan atau Pekerjaan Sipil Lainnya dengan OperatorJasa peminjaman dan penyewaan yang berhubungan dengan peralatan dengan operator untuk konstruksi atau penghancuran dan jasa operasional yang disediakan oleh operator.
PL002Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Bangunan GedungPekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan di lokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa pracetak dari bangunan gedung kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja.
PL003Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan Serta Rel Kereta ApiPekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan di lokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa pracetak dari konstruksi jalan, jembatan dan rel kereta api kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja.
PL004Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Prasarana Sumber Daya Air, Irigasi, Dermaga, Pelabuhan, Persungaian, Pantai serta Bangunan Pengolahan Air Bersih, Limbah dan Sampah (Insinerator)Pekerjaan khusus pemasangan bangunan konstruksi prafabrikasi yang langsung dilakukan dilokasi konstruksi yang bahan utamanya dari beton untuk beberapa bagian pracetak dari konstruksi prasarana sumber daya air, irigasi, dermaga, pelabuhan, persungaian, pantai serta bangunan pengolahan air bersih dan limbah, kecuali pekerjaan pemasangan komponen pracetak baja
5.Jasa Pelaksana SpesialisSP001Pekerjaan Penyeledikan LapanganPekerjaan penyeledikan lapangan bertujuan mengidentifikasi lokasi yang tepat untuk konstruksi dan pekerjaan demarkasi, contohnya demarkasi dari suatu area lokal dimana satu atau lebih tahapan atau proses besar dari pekerjaan konstruksi sedang berjalan
SP002Pekerjaan PembongkasanPekerjaan penghancuran bangunan atau struktur lainnya seperti jalan dan jalan layang, mencakup juga penjualan material yang didapat dari hasil operasi penghancuran.
SP003Pekerjaan Penyiapan dan Pematangan Tanah/LokasiPekerjaan penyiapan yang bertujuan agar lahan siap untuk dipergunakan untuk pekerjaan konstruksi selanjutnya, termasuk didalamnya blasting, test drilling, dan pekerjaan pemindahan batu-batuan.
SP004Pekerjaan Tanah, Galian dan TimbunanPekerjaan penggalian dan penimbunan, pekerjaan pemindahan tanah, grading of construction sites, trench digging.
SP005Pekerjaan Persiapan Lapangan untuk PertambanganPekerjaan terowongan dan pembangunan lainnya serta pekerjaan persiapan untuk properti mineral dan situsnya, kecuali untuk minyak dan gas. Contohnya pelayanan insidental konstruksi untuk pertambangan minyak dan gas.
SP006Pekerjaan PerancanPemasangan perancah bangunan dan pekerjaan dismantling.
SP007Pekerjaan Pondasi, Termasuk PemancangannyaPekerjaan khusus pondasi dan pekerjaan pile driving serta pekerjaan lain yang berkaitan.
SP008Pekerjaan Pengeboran Sumur Air Tanah DalamPekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pengeboran dan penggalian sumber air, instalasi dan pekerjaan perbaikan dari pompa sumur dan sistem pemipaan.
SP009Pekerjaan Atap dan Kedan Air (waterproofing)Pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan instalasi atap, guttering dan spouting, roof shingling dan pekerjaan atap metal. Pekerjaan pengecatan atap, termasuk didalamnya pekerjaan water-proofing untuk bangunan.
SP010Pekerjaan BetonPekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pembetonan, concrete pouring dan pekerjaan concrete lainnya termasuk di dalamnya aspal dan semen portland pada proyek konstruksi.
SP011Pekerjaan Baja dan Pemasangannya, Termasuk PengelasanPekerjaan konstruksi khusus yang meliputi penekukan baja, pekerjaan konstruksi terhadap rangka baja, pekerjaan pemasangan komponen baja untuk bangunan ataupun untuk struktur lainnya seperti jembatan, crane yang bekerja pada ketinggian, menara transmisi listrik serta pekerjaan reinforcing baja yang dibeli atau diproduksi sendiri termasuk juga pekerjaan pengelasan baja.
SP012Pekerjaan Pemasangan BatuPekerjaan konstruksi khusus lain yang melibatkan pemasangan blok batu, pengesatan batu dan pekerjaan batu lainnya
SP013Pekerjaan Konstruksi Khusus LainnyaPekerjaan konstruksi khusus lain seperti penggalian kuburan dan perpindahan rumah.
SP014Pekerjaan Pengaspalan dengan Rangkain Peralatan KhususPekerjaan Pengaspalan dengan menggunakan peralatan produksi campuran aspal termasuk transportasi hasil campuran aspal hingga penggelaran dan pemadatan dengan peralatan khusus di lokasi pekerjaan.
SP015Pekerjaan Lansekap/ PertamananPekerjaan khusus pembuatan taman, seperti taman kota, tanaman dan pohon pelindung jalan
SP016Pekerjaan Perawatan Bangunan GedungPekerjaan Pemeliharaan bangunan gedung, tidak termasuk pekerjaan yang melakukan perubahan terhadap struktur bangunan.
6.Jasa Pelaksanaan KeterampilanKT001Pekerjaan Kaca dan Pemasangan Kaca JendelaPekerjaan khusus material kaca, cermin dan produk-produk berbahan kaca, serta pekerjaan instalasi jendela kaca
KT002Pekerjaan PlesteranPekerjaan konstruksi khusus dari plester interior dan exterior atau stucco dan pekerjaan dry wall yang berhubungan dengan instalasi dinding papan yang biasanya adalah bahan gypsum.
KT003Pekerjaan PengecatanPekerjaan konstruksi khusus pengecatan dan pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan interior dan exterior bangunan dan pekerjaan pengecatan dari struktur berat (rekayasa teknik). Tidak termasuk pengecatan atap bangunan.
KT004Pekerjaan Pemasangan Keramik Lantai dan DindingPekerjaan konstruksi khusus pemasangan dan pengesetan keramik, dinding beton, dinding potongan batu, serta lantai ubin.
KT005Pekerjaan Pemasangan Lantai Lain, Penutupan Dinding dan Pemasangan Wall paperPekerjaan konstruksi khusus pemasangan karpet, linoleum, ubin aspal, lantai elastis, parquet dan lantai berbahan kayu keras lainnya.
KT006Pekerjaan kayu dan atau penyambungan kayu dan Material LainPekerjaan konstruksi khusus yang berhubungan dengan pekerjaan pengrajin kayu, pembentukan bentuk kayu dan pemasangan lemari di lokasi konstruksi
KT007Pekerjaan dekorasi dan Pemasangan InteriorPekerjaan konstruksi khusus pemasangan terazzo, interior marbel, granit dan pekerjaan batu tulis.
KT008Pekerjaan Pemasangan OrnamenPekerjaan konstruksi khusus untuk komponen logam lembaran fabrikasi khusus, pekerjaan dekorasi besi dan baja, serta pengerjaan ornament dan arsitektur logam.
KT009Pekerjaan Pemasangan GipsumPekerjaan konstruksi khusus untuk komponen panel gypsum seperti pemasangan dinding partisi dalam bangunan yang menggunakan panel gypsum, pemasangan plafon dalam bangunan gedung yang menggunakan panel gypsum.
KT010Pekerjaan Pemasangan plafon akustik (accoustic ceiling)Pekerjaan konstruksi khusus untuk pemasangan plafon akustik pada ruangan di dalam bangunan gedung. Bahan penutup plafon akustik berbentuk panel yang diletakkan atau dijepit pada rangka metal yang berbentuk grid (kotak-kotak).
KT0011Pemasangan curtain wallPekerjaan konstruksi khusus untuk menutup sisi bagian luar gedung bertingkat. Bahan penutup bangunan merupakan bahan non struktural dan ringan, yang berfungsi sebagai pemisah antara bagian dalam dan luar gedung. Pemasangan curtain wall pada umumnya terdiri dari rangka aluminium dan bahan penutup berupa kaca, panel metal atau GRC (Glassfibre Reinforce Concrete).
7.Jasa Pelaksanaan KeterampilanTI501Jasa Terintegrasi Untuk Infrastruktur TransportasiJasa teknikal terintegrasi untuk konstruksi dari infrastruktur transportasi (turnkey project). Termasuk di dalamnya perencanaan dan studi sebelum investasi, pembuatan pre-elimary dan final design, estimasi biaya, penjadwalan konstruksi, inspeksi dan penerimaan dari kontrak termasuk jasa teknikal seperti seleksi dan pelatihan personil dan operasional dan pembuatan manual pemeliharaan dan jasa teknikal lainnya yang disediakan untuk klient yang membentuk jasa terintegrasi utuh untuk proyek terima jadi termasuk di dalamnya kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi antara perencanaan, pengadaan, dan pelaksanaan terima jadi (engineering, procurement, construction).
TI502Jasa Terintegrasi Untuk Konstruksi Penyaluran Air dan Pekerjaan SanitasiJasa teknikal terintegrasi untuk konstruksi dari infrastruktur kearian dan sanitasi. Termasuk di dalamnya perencanaan dan studi sebelum investasi, pembuatan pre-elimary dan final design, estimasi biaya, penjadwalan konstruksi, inspeksi dan penerimaan dari kontrak termasuk jasa teknikal seperti seleksi dan pelatihan personil dan operasional dan pembuatan manual pemeliharaan dan jasa teknikal lainnya yang disediakan untuk klient yang membentuk jasa terintegrasi utuh untuk proyek terima jadi termasuk di dalamnya kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi antara perencanaan, pengadaan, dan pelaksanaan terima jadi (engineering, procurement, construction).
TI503Jasa Terintegrasi Untuk Konstruksi ManufakturJasa teknikal terintegrasi untuk konstruksi dan fasilitas manufaktur. Termasuk di dalamnya perencanaan dan studi sebelum investasi, pembuatan pre-elimary dan final design, estimasi biaya, penjadwalan konstruksi, inspeksi dan penerimaan dari kontrak termasuk jasa teknikal seperti seleksi dan pelatihan personil dan operasional dan pembuatan manual pemeliharaan dan jasa teknikal lainnya yang disediakan untuk klient yang membentuk jasa terintegrasi utuh untuk proyek terima jadi termasuk di dalamnya kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi antara perencanaan, pengadaan, dan pelaksanaan terima jadi (engineering, procurement, construction).
TI504Jasa Terintegrasi Untuk Konstruksi Fasilitas Minyak dan GasJasa Konsultansi terintegrasi untuk konstruksi dari konstruksi Fasilitas Minyak dan Gas. Termasuk di dalamnya perencanaan dan studi sebelum investasi, pembuatan pre-elimary dan final design, estimasi biaya, penjadwalan konstruksi, inspeksi dan penerimaan dari kontrak termasuk jasa teknikal seperti seleksi dan pelatihan personil dan operasional dan pembuatan manual pemeliharaan dan jasa teknikal lainnya yang disediakan untuk klient yang membentuk jasa terintegrasi utuh untuk proyek terima jadi termasuk di dalamnya kegiatan yang dilakukan secara terintegrasi antara perencanaan, pengadaan, dan pelaksanaan terima jadi (engineering, procurement, construction).
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 13 Juni 2011
MENTERI PEKERJAAN UMUM,
ttd.
DJOKO KIRMANTO
Salinan sesuai dengan aslinya
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM

Ismono
NIP. 195309251982031001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar